Sabtu, 12 Februari 2011

PAK SUGIYARTO PAK BON YANG SUKSES MENJADI PENGUSAHA KOMPUTER






Excellent komputer adalah salah satu toko komputer terkemuka di kota Semarang . Toko ini sudah mempunyai cabang di kota Purwodadi dan Salatiga . Dan pusat berada di Kota Semarang yaitu di Jalan Bulustalan.

Kesuksesan excellent komputer ini tidak bisa dilepaskan dari perjuangan bapak Sugiyarto . Dialah pendiri excellent sekaligus direktur utama CV.Excellent komputer . Menurutnya keberhasilannya saat ini merupakan perjuangan yang sangat panjang . Lelaki kelahiran Boyolali , 7 April 1977 itu pertama kali bekerja sebagai penjual koran setelah lulus SMK 1 Semarang . Lalu beliau menjadi teknisi Win Elektronik Computer dan Sony Autorized Dealer hingga 1996 . Dan pindah menjadi teknisi alarm security di Multi Scan hingga 1998 . Pada 1998 menjadi Pak Bon SMA N 6 Semarang .Tidak ada kata malu ketika beliau berkata pernah menjadi seorang karyawan kebersihan di SMA N 6 , baginya apapun pekerjaannya yang terpenting adalah bagaimana melakukannya dengan baik . Awal 2002 memulai usaha excellent komputer hanya dengan modal Rp.25.000 untuk memasang iklan reparasi komputer di koran .


            Pada awalnya beliau cuma menerima reparasi komputer yang keuntungannya tidak menjanjikan hanya berkisar antara seratus ribu hingga satujuta rupiah perbulan . Dan hanya menyewa kios kecil di belakang bakso Pak Mitro , namun dengan penuh keyakinan Beliau tetap menjalankan usahanya .


Beberapa tahun kemudian beliau dapat membeli sebuah rumah didepan kios sebelumnya walaupun masih berdindingkan papan berdindingkan papan . Beliau Juga melanjutkan kuliah S1 di Universitas Dian Nuswantoro dari 2001-2003 . Excellent komputer lalu semakin dikenal masyarakat dan akhirnya Pak Sugiyarto dapat merenovasi dan membuat toko yang besar hingga memiliki 35 orang karyawan . Sambil menjalankan usaha Excellent komputer Bapak Sugiyarto juga menjadi seorang pemateri training & seminar dan Dosen di Institut Pendidikan dan Pelatihan Indonesia . Semakin lama excellent komputer semakin sukses , terbukti dengan dibukanya dua cabang Excellent di Purwodadi dan Salatiga serta  mendapat penghargaan sebagai Intel Best Seller dua kali berturut-turut . Bapak Sugiyarto juga tak berhenti mencari ilmu beliau melanjutkan kuliah S 2 Program Magister Manajemen di UNISBANK . Setelah itu Pada 2008 Beliau mendirikan sebuah SMK Bina Nusantara .  










Kesuksesan Bapak Sugiyarto bukan tanpa hambatan , banyak hambatan yan beliau hadapi . Beliau pernah difitnah seseorang dari surat pembaca di salah satu media cetak . Orang itu menyatakan kekecewaannya yang dilebih-lebihkan setelah menyerviskan monitor komputernya di Excellent Komputer , dia menyatakan bahwa excellent komputer tidak profesional karena setelah berkali-kali di servis monitornya masih rusak dan komponennya tidak terpasang dengan benar . Melihat kejadian ini Pak Sugiyarto tidak langsung emosi karena yang dikatakan orang itu tidak benar . Beliau menanggapinya dengan positif , beliau menemui orang itu dengan senang hati . Tiga hari kemudian orang itu mengirim surat pembaca lagi yang berisi permohonan maaf kepada Excellent Komputer karena dialah yang salah mengecek monitornya , dan ternyata orang itu adalah adik kelas Pak Sugiyarto sewaktu kuliah di UDINUS . Masalah itupun selesai dengan baik karena ketenangan dan kebijaksanaan Pak Sugiyarto .


Keberhasilan Bapak Sugiyarto dalam mengelola usahanya tak hanya mengandalkan pengalamannya sebagai seorang teknisi saja . Beliau mengaku bahwa keluarganya berperan sangat penting bagi kesuksesan usahanya .Meskipun belum dikaruniai seorang momongan Pak Sugiyarto tetap bersemangat mengelola usahanya ini Motivasi dan saran-saran dari keluarga yang juga membuat Pak Sugiyarto bersemangat berusaha dan pantang menyerah .

Kejujuran ,  jangan putus asa dan berikan yang terbaik adalah pesan Pak Sugiyarto kepada generasi muda saat ini untuk dapat menjadi generasi penerus bangsa yang sukses di masa yang akan datang.

9 komentar:

  1. Pak Sugiyarto,

    Saya sangat salut dan kagum kepada Anda. Saya sendiri masih merintis usaha toko komputer. Cerita Anda memotivasi saya untuk maju.

    BalasHapus
  2. bangga bisa prakerin di excellent computer semarang :)

    BalasHapus
  3. Makasih Pak GI udah mau nerima saya prakerin di EXCELLENT COMPUTER

    BalasHapus
  4. Saya PKL di Excellent comp cabang Salatiga, hampir seminggu sekali melihat pak sugi, makasih pak gi sudah mau nerima saya PKL :) pak gi memang isnpirasi saya

    BalasHapus
  5. Pada tahun 2008 sya pernah prakerin di Excellent sebelah ada bulu stalan bbrp bulan. Setiap hari lihat pak Gi. Dulu pad thun itu jg pak gi berangkat haji. Oh iya bgaimn kabar karywan yg dulu ap masih kerj dsna ya. Pak Maryono, Pak Ahmad, Mas Azis, Mas Seagate, Mas Ismu, Bang Bajuri Jay, mbak Nia, dll. Lupa saya. ƗƗɑƗƗɑƗƗɑ нĭ°°нĭ°°нĭ °°нĭ°°

    BalasHapus
  6. Ternyata excellent begitu besar , terima kasih pak gik, semoga excellent dapat terus maju...

    BalasHapus
  7. siaaaap.yeezy pa gi sudah siap

    BalasHapus
  8. Terus berkarya , bismillah

    BalasHapus